Minggu, 18 Desember 2016

Modul Elearning Indonesia



elearning merupakan singkatan dari Electronic Learning. Sebuah cara dimana kita mendapatkan sebuah informasi melalui media eletronik seperti TV, radio, handphone, komputer, dll. Informasinya bisa bermacam-macam, bisa itu sebuah berita, pembelajaran, pemberitahuan, dsb.

Elearning yang saya bikin disini adalah sebuah informasi yang bisa berbentuk sebagai modul, permainan ataupun video yang terbentuk dari beberapa unsur multimedia yaitu teks, suara, gambar, video dan animasi. Dengan unsur multimedia sebagai pembentuk modul pembelajaran, maka diharapkan akan mudah diserap dan dipelajari karena banyak panca indra yang berperan dalam menangkap informasi yang disampaikan.

Disamping elearning, ada juga yang disebut sebagai mLearning, yaitu singkatan dari Mobile Learning. Ini adalah sebuah cara yang lebih praktis dalam belajar karena menggunakan media Mobile Phone yang bisa dibawa kemana-mana.

Keuntungan menggunakan elearning:
1.       Bisa dipelajari kapan saja selama 24 jam selama 7 hari dan dimana saja Anda berada oleh siapa saja.
2.       Menghemat biaya training, yang terdiri dari trainer, akomodasi, modul cetak, sewa tempat, dll. Walaupun untuk beberapa training memang mengharuskan mendatangkan seorang trainer tetapi elearning bisa meminimalkan kebutuhan perusahaan akan sebuah training.
3.       Karena bisa dipelajari kapan saja dan dimana saja maka para pegawai tidak harus secara bersamaan berada pada satu tempat di waktu yang sama sehingga menyebabkan produktifitas perusahaan berkurang.
4.       Setiap pegawai di semua cabang memiliki standar training yang sama, tidak kurang dan tidak lebih.
5.       Proses pengiriman yang cepat ke semua cabang karena bisa dikirim melalui akses internet.
6.       Bisa dibuat dengan berbagai macam bahasa pendukung. Hal ini penting jika Anda memiliki pegawai/partner/klien dari luar negeri.
7.       Menghemat tempat penyimpanan modul.

Sebelum saya memutuskan untuk menjadi freelancer jasa pembuatan elearning, diperusahaan saya sebelumnya saya pernah mengerjakan proyek elearning dari beberapa perusahaan nasional, seperti: BCA, Adira, MES (Moslem Economy Syariah), Constantior Softskill. Selama freelance saya sudah mengerjakan: Bank ANZ, Indosat Ooredoo, Binus Center dan Kompas Gramedia.

Sambil saya menunggu kabar baik dari Anda, saya mau ngopi dulu sambil makan bubur ayam. Hubungi saya jika Anda butuh pertanyaan atau ingin memesan produk saya. Kita bisa ngobrol di warteg sambil ngopi.


 


E-Learning & M-Learning Price List
No.
Object
Paket 1
Paket 2
Paket 3
1.
Time Learning
15 minute
20 minute
30 minute
2.
Slides
15 slide
20 slide
30 slide
3.
Character
Clipart
Clipart
Custom
4.
Background
Clipart
Clipart
Custom
5.
Backsound
Yes
Yes
Yes
6.
Audio Naration
No
No
Yes
7.
Animation
10%
25%
75%
8.
Revisi
10 x
25 x
Unlimited
9.
Price
Rp.5.000.000
Rp.10.000.000
Rp.20.000.000

Keterangan.


  1. Harga diatas tidak termasuk biaya LMS (Learning Management System)  yang meliputi: upload, setting dan hosting.
  2. Modul Elearning bilingual akan dikenakan biaya tambahan sebesar 75%.
  3. Harga diatas belum termasuk pajak (jika ada).
  4. Custom Background and Character artinya Anda bisa menyesuaikan elearning yang dibuat sesuai dengan keinginan identitas perusahaan, seperti: interior dan eksterior kantor, seragam perusahaan, style character (manga, chibi, american superhero, dll).
  5. Lama pengerjaan 1 modul elearning memakan waktu paling cepat 1 minggu, tapi hasilnya tidak akan maksimal. Waktu normal adalah 1 bulan.
  6. Jika dana Anda pas-pasan kita masih bisa diskusikan agar sama-sama enak. Perusahaan Anda bisa berkembang cepat dengan adanya elearning, saya masih bisa ngopi dan keluarga masih bisa makan karena bikin elarning.
  7. Terima kasih.